Halaman

Selasa, 15 Maret 2011

Berbagai Macam Sistem Pemerintahan

Ada berbagai macam sistem pemerintahan dari seluruh dunia. Ada demokrasi, liberalisme, .... sampai kapitalisme. Semua itu dibahas secara SPJ (Singkat, Padat, dan Jelas di posting ini.

Mau tahu pengertian-pengertian demokasi, liberalisme, ... sampai kapitalisme?
Baca aja posting ini :

Demokrasi : Suatu sistem pemerintahan dimana kekuasaan pemerintahan berada di tangan rakyat. Dalam demokrasi, pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Rakyat berhak menyampaikan aspirasi demi kemajuan negara.

Liberalisme : Suatu paham ideologi mengenai sistem pemerintahan yang menjunjung tinggi kebebasan individu/pribadi, khususnya kebebasan berpikir. Liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama.

Sosialisme : Suatu paham ideologi mengenai sistem pemerintahan yang menjunjung tinggi masyarakat yang “sama rata”. Artinya semua masyarakat dalam suatu negara/komunitas memiliki kekayaan ekonomi yang sama rata. Tak ada yang berlebihan dan tak ada yang kekurangan.

Komunisme : Mirip dengan sosialisme, komunisme merupakan suatu paham ideologi mengenai sistem pemerintahan yang mewujudkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Tak ada yang berlebihan dan tak ada yang kekurangan secara ekonomi. Komunisme hanya mementingkan soal ekonomi, namun agama dan Tuhan sangat tidak dipentingkan dan ditolak oleh komunisme.

Marxisme : Suatu paham ideologi mengenai sistem pemerintahan yang diambil dari teori-teori dan pandangan-pandangan Karl Marx. Karl Marx memiliki pandangan bahwa masyarakat dalam negara seharusnya tidak digolong-golongkan. Maka, marxisme tak ada penggolongan masyarakat.

Kapitalisme : Suatu paham ideologi mengenai sistem pemerintahan dimana pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya tanpa dibagi-bagikan kepada masyarakat lain. Ini mengakibatkan ekonomi masyarakat yang sangat tidak merata. Tidak merata dalam arti seseorang bisa sangat kaya, tapi seorang yang lain sangat miskin.

Sumber :
http://nurulilmi.com/makar/kuffar/69-kuffar/336-komunisme.html
http://mediasastra.com/glossary/pendekatan_sastra/marxisme
http://www.forumsains.com/artikel/liberalisme-sebagai-ideologi-pragmatis/
http://www.syiham.co.cc/2010/02/pengertian-kapitalisme.html
http://id.wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentarmu disini ...