Halaman

Sabtu, 09 Oktober 2010

Mendapat Inspirasi Membuat Naskah Drama

Mungkin sebagian orang menganggap tidak terlalu penting mengenai inspirasi membuat naskah drama. Namun demikian, orang yang tengah kebingungan membuat naskah drama menganggap inspirasi begitu penting. Inspirasi untuk membuat naskah drama bisa didapat dimana-mana, tapi ada wadah/tempat yang benar-benar menjadi wadah/tempat mendapat inspirasi membuat naskah dengan lebih bagus.

Berikut merupakan wadah/tempat yang tepat untuk mendapat inspirasi membuat naskah drama :


1) Chatting
Naskah drama pasti terdapat dialog atau percakapan antar 2 orang atau lebih. Di dalam chatting tentu terdapat dialog selayaknya naskah drama. Coba saja anda berchatting dengan seseorang dengan memunculkan konflik dalam berchatting dan lihat percakapan-percakapan dalam chatting. Itu bisa jadi inspirasi untuk membuat naskah drama.

2) Film (Entah film bioskop, DVD, VCD, atau TV)
Film sebenarnya merupakan terapan dari sebuah naskah drama. Jadi, film masih berhubungan dengan naskah drama.
Coba Anda cermati alur, dialog, dan lakuan dramatik dari sebuah film. Jika benar-benar dicermati maka Anda akan mendapat inspirasi untuk membuat naskah drama.

3) Cerpen, Novel, atau Prosa Lain
Banyak sutradara yang terinspirasi dari karya sastra berupa prosa dalam membuat naskah drama yang ditayangkan dalam sebuah film. Contohnya, naskah drama dari film Harry Potter terinspirasi dari buku Harry Potter. Jadi, apa salahnya jika Anda membaca karya-karya sastra berupa prosa, kemudian karya yang dibaca dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat naskah drama.

4) Buku Sejarah
Selain karya sastra, banyak sutradara yang membuat naskah drama dengan melihat dari sejarah masa lalu yang berkesan bagi mereka. Sejarah dipelajari dari buku sejarah. Jadi, banyak sutradara yang mendapat inspirasi dengan membaca buku sejarah. Coba saja Anda membaca buku-buku sejarah. Anda akan mendapat inspirasi membuat naskah drama.

5) Pengalaman Hidup
Inilah wadah inspirasi yang terbaik. Anda cukup merefleksikan pengalaman hidup Anda, misal : putus cinta. Dengan mereflesikan pengalaman hidup, Anda akan mendapat inspirasi untuk membuat naskah drama.

Sebenarnya ada wadah/tempat lain sebagai inspirasi membuat naskah drama. Namun demikian, 5 wadah/tempat tersebut sudah cukup menjadi wadah/tempat untuk mendapat inspirasi membuat naskah drama. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentarmu disini ...