Halaman

Kamis, 14 Oktober 2010

Menulis

Menulis sebenarnya membuat huruf-huruf atau angka-angka yang tersusun menjadi sebuah tulisan. Tulisan bisa berupa cerita, karya ilmiah, surat, pendapat, dsb.

Sebuah tulisan merupakan sebuah hasil dari menulis. Menulis merupakan salah satu cara mengeluarkan benak-benak dari dalam pikiran si penulis dalam bentuk tulisan. Jadi, tulisan merupakan hasil kerja pikiran si penulis.

Banyak orang yang mengalami kebingungan dalam menulis sebuah tulisan. Padahal, menulis hanya mengeluarkan benak-benak dan membuat huruf-huruf, angka-angka yang tersusun menjadi tulisan. Saya mencoba memberi tips untuk anda yang mengalami kebingunan dalam menulis.

1) Tulislah apa yang ada benak anda dalam bentuk kata-kata singkat di sebuah catatan kecil. Misalnya, jika anda terbenak tentang komputer, maka tulis kata komputer di buku catatan kecil.

2) Kata yang telah ditulis, kemudian dispesifikkan sehingga menjadi sebuah topik. Perlu diketahui, topik inilah yang akan menentukan "jalannya" tulisan.

3) Kenali benar topik itu atau alami sebuah pengalaman yang berkaitan dengan topik , kemudian tulis kata demi kata yang terkait dengan topik.

4) Jangan takut salah, tulislah secara lepas.

5) Setelah, menulis dengan hasil tulisan "mentah", cek kembali tulisan "mentah" anda. Pasti ada yang perlu dibenahi dalam tulisan.

6) Susun dan susun lagi hingga membentuk tulisan yang "matang" dan jadilah tulisan hasil kerja pikiran anda.

Ada pertanyaan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentarmu disini ...