Halaman

Sabtu, 05 Februari 2011

Jahe Sebagai Insektisida Alami

Kini jahe atau ZingiberOfficinale digunakan sebagai obat-obatan. Jahe (tepatnya rimpang jahe) mengandung berbagai khasiat untuk mengobati berbagai masalah dalam tubuh. Hipertensi, masalah pencernaan, radikal bebas, dan masalah-masalah lain dalam tubuh dapat diatasi dengan jahe.



Jahe juga digunakan sebagai bumbu masakan. Aroma dalam rimpang jahe membuat jahe dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Tak hanya aroma, rasa dari rimpang jahe pun membuat jahe dapat digunakan sebagai bumbu masakan.

Jahe banyak digunakan sebagai obat-obatan maupun bumbu masakan. Namun, apakah jahe hanya dapat digunakan sebagai obat-obatan dan bumbu masakan?


Setelah melakukan penelitian tentang jahe, ternyata jahe berpotensi sebagai insektisida alami. Zat tertentu yang terdapat pada jahe dapat berpotensi sebagai insektisida. Zat itu bersifat dapat membunuh serangga.

Rasa dominan pedas dari rimpang disebabkan senyawa keton bernama Zingeron. Tak hanya rasa pedas, kandungan dari senyawa keton yang bernama Zingeron tersebut juga memiliki kemampuan lain. Zingeron pada rimpang jahe dapat membunuh hama serangga dari rasanya.

Zingeron membuat tubuh serangga menjadi lebih panas. Hal itu disebabkan rasa pedas bagi serangga dari Zingeron. Oleh karena tubuh serangga menjadi panas, serangga menjadi demam dan berakhir dengan kematian.

Jadi, daripada menggunakan bahan kimia mending pake jahe sebagai insektisida alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentarmu disini ...